SOP DISTRIBUSI OBAT
UPTD. Puskesmas Ngesem Kabupaten Kediri
|
DISTRIBUSI OBAT
| |||||
Standar operasional prosedur
|
No. Kode :
|
03/SOP-APT/NGASEM/2014
| ||||
No.Revisi :
|
00
| |||||
Tgl. Mulai Berlaku :
|
30 SEPTEBER2014
| |||||
Halaman :
|
1 - 4
|
1. TUJUAN
Sebagai acuan petugas obat dalam mendistribusikan obat ke puskesmas pembantu, posyandu, puskespeg (puskesmas pegawai) dan ruang farmasi di wilayah kerja UPTD Puskesmas Ngasem .
2. RUANG LINGKUP
Aktivitas mulai dari menerima permintaan obat dari puskesmas pembantu,petugas mengambil obat sesuai permintaan, sampai petugas mencatat kedalam kartu stok.
3. KRITERIA PENCAPAIAN
Pendistribusian obat di UPTD Puskesmas Ngasem tercapai 100%.
4. DEFINISI
Distribusi obat adalah kegiatan yang dilakukan oleh petugas obat kepada petugas puskesmas pembantu, posyandu, dan ruang farmasi agar pengadaan obat di wilayah tersebut dapat tercapai dengan maksimal.
5. URAIAN UMUM
Distribusi obat ke puskesmas pembantu, posyandu, puskesmas pegawai dan ruang farmasi berdasarkan permintaan yang ada.
6. PERALATAN
6.1. Alat : alat tulis, buku, kartu stok
6.2. Bahan : - Obat
7. ALUR PROSES
1
|
Petugas menerima permintaan obat dari puskesmas pembantu, posyandu, puskespeg (puskesmas pegawai) dan ruang farmasi.
|
Petugas farmasi
|
2
|
Petugas mengambil obat sesuai permintaan.
|
Petugas farmasi
|
3
|
Petugas mencatat ke dalam kartu stok.
|
Petugas farmasi
|
4
|
Petugas menyerahkan obat.
|
Petugas farmasi
|
8. DIAGRAM ALIR
9. REFERENSI
9.1. Pedoman pengelolaan obat UPTD Puskesmas Ngasem Tahun 1994.
9.2. Standar Puskesmas Bidang Bina Pelayanan Kesehatan. Dinkes Prov. JATIM, 2013
9.3. ISO 9001:2008 klausul 7.5.1 tentang Pengendalian produksi & penyediaan jasa.
10. DOKUMEN TERKAIT
10.1. Kartu stok.
10.2. Buku permintaan obat.
11. RUANG TERKAIT
11.1Puskesmas pembantu
11.2Posyandu.
11.3Ruang farmasi.
11.4Gudang farmasi
12. CATATAN PERUBAHAN.
No
|
ISI PERUBAHAN
|
TANGGAL MULAI BERLAKU
|
kunjungi juga https://www.kedaikepo.com/
ReplyDelete